Soal PAT / UKK KeNUan Kelas 7 MTs Bisa Dicopy
Kami Sajikan Soal PAT atau UKK KeNUan Untuk Kelas 7 MTs yang bisa dicopy dengan mudah
Soal UKK KeNUan ini terdiri dari 45 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian
Mata Pelajaran : KeNUan
Kelas : VII (Tujuh)
Hari/Tanggal : Sabtu,
Waktu : 07.00 - 08.30 WIB
I.
Pilihlah jawaban yang
paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A, B, C atau D pada
lembar jawab !
1.
Dalam
pengertian Ahlussunnah wal jama’ah kata as sunnah berarti ....
A. segala sesuatu yang apabila tidak dikerjakan
akan berdosa
B. segala sesuatu yang apabila dikerjakan mendapat
pahala dan apabila tidak dikerjakan akan berdosa
C. segala sesuatu yang berasal dari para sahabat
Rasulullah baik berupa perkataan, perbuatan maupun ketetapan
D. segala sesuatu yang datang dari Rasulullah
baik berupa perkataan, perbuatan maupun ketetapan
2.
Yang
dimaksud اَلْجَمَاعَةْ dalam Ahlussunnah wal jama’ah adalah ....
A. Khulafaurrosyidin C. kerabat Nabi Muhammad Saw
B. Madzahibul Arba’ah D. keluarga Nabi Muhammad Saw
3.
Salah
satu ulama yang menyusun dan mengembangkan paham Ahlussunnah Wal Jamaah,
bernama ....
A. Muhammad Ibnu Muhammad Abu Mansur
B. Muhammad Al-Samarkandi
C. Abu Hasan al Asy’ari
D. Muhammad bin Yusuf
4.
Perhatikan
hadis berikut ini !
اَصْحَابِيْ كَالنُّجُوْمِ بِاَيِّهِمْ
اِقْتَدَيْتُمْ اِهْتَدَيْتُمْ
Pada
hadis tersebut Rasulullah Saw mengibaratkan para sahabatnya seperti ….
A. bulan C. matahari
B. bintang D. planet
5.
Tokoh
Ahlussunnah wal jama’ah yang mengembangkan ajarannya di daerah Samarkand adalah ….
A. Abu Mansur al Maturidi C.
Abu Qosim Junaid al Baghdadi
B. Abu Hasan al Asy’ari D. Abdul Qodir al Jailani
6.
Pada
masa pemerintahan khalifah al Ma’mun beliau memaksa manusia termasuk para ulama
pada masa tersebut untuk mengatakan bahwa Alquran itu makhluk bukan kalamullah.
Peristiwa tersebut dikenal dengan istilah ….
A. Fitnatul Qur’an C.
Mihnatul Qur’an
B. Minhajul Qur’an D.
Mihnatul qiro’
7.
Khalifah
bani Abasiyyah yang membatalkan Muktazilah sebagai paham resmi negara adalah
....
A. Al Muktashim C. Al Makmun
B. Al Mutawakkil D. Al Watsiq
8. Paham
Ahlussunnah wal jama’ah bisa berkembang sampai dengan sekarang karena
dikembangkan terus menerus oleh murid dan pengikut Abu Hasan al Asy’ari maupun
Abu Mansur al Maturidi. Berikut ini yang termasuk ulama pengikut Imam Abu Hasan
al Asy’ari adalah ….
A.
Muhammad bin Nuh C. Abul Qosim al Hakim
B.
Muhammad al Bazdawi D. Abu Hamid al Ghazali
9. Berikut
ini yang tidak termasuk prinsip penyampaian paham Ahlussunnah wal
jama’ah di Indonesia adalah ….
A. at tawasuth C. at
tasamuh
B. at tawazun D. al
istiqomah
10. Paham Ahlussunnah wal jama’ah mudah diterima
dan berkembang di Nusantara karena dalam dakwahnya menggunakan prinsip tasamuh
yang artinya ....
A. sederhana C. jalan tengah
B. toleran D.
keseimbangan
11. Perhatikan pernyataan berikut ini !
1) Allah mempunyai takdir atas manusia tetapi
manusia memiliki bagian untuk ikhtiar
2) Aswaja berkeyakinan bahwa alquran itu firman
Allah dan bukan makhluk
3) Orang yang berbuat dosa besar adalah kafir
4) Allah memiliki 20 sifat wajib, 20 sifat
mustahil dan 1 sifat jaiz
Pernyataan
di atas yang tidak termasuk ajaran Aswaja di bidang akidah ditunjukkan
pada nomor ....
A. 1 C. 3
B. 2 D. 4
12.
Ulama
Aswaja yang dianut oleh warga NU di Indonesia dalam bidang syariah adalah ….
A.
Imam Hanafi C. Imam Hambali
B.
Imam Syafi’i D. Imam Maliki
13. Ulama Aswaja yang menjadi sandaran ajaran
tasawuf yaitu ….
A. Abu Qosim Junaid al Baghdadi dan al Ghazali
B. Abu Hasan al Asy’ari dan Abu Mansur al
Maturidi
C. Abu Hamid Al Ghazali dan Abu Mansur al
Maturidi
D. Abu Hasan al Asy’ari dan Abu Qosim Junaid al
Baghdadi
14. Berikut ini yang tidak termasuk inti ajaran
tasawuf menurut paham Ahlussunnah wal jama’ah adalah ….
A. keikhlasan pengabdian kepada Allah sehingga
menjadi manusia yang memiliki jiwa yang bersih, tidak sombong dan berhati-hati
B. selalu berusaha dengan sungguh-sungguh dan
berserah diri semata-mata mengharap bimbingan dan ridha Allah
C. menyadari kelemahan sebagai manusia sehingga
selalu menerima kegagalan dengan lapang dada
D. merasa dirinya paling dekat kepada Allah
sehingga menjadi manusia yang sombong
15. Ulama sufi yang terkenal dengan gelar
penghulu ulama akhirat adalah imam ....
A. Abu Hamid al Ghazali C. Junaid al Baghdadi
B. Abu Hasan al Asy’ari D. Abu Mansur al Maturidi
16. Dalam pengertian Nahdlatul Ulama kata nahdlah
berarti ….
A. kerukunan C. bangkit
B. kebangkitan D. sekali bangkit
17.
Nahdlatul
Ulama merupakan organisasi Islam yang didirikan pada tanggal ....
A. 14 Rajab 1344 H C. 16 Rajab 1344 H
B. 15 Rajab 1344 H D. 17 Rajab 1344 H
18. Sejak usia 13 tahun KH. M. Hasyim Asy’ari
sudah membantu orang tuanya mengajar para santri yang usianya jauh diatasnya,
hal tersebut berarti beliau memiliki sifat ….
A. Optimis C. rajin
B. Pekerja keras D. cerdas
19. KH. Abdul Wahab Hasbullah memiliki banyak
sahabat dari
berbagai organisasi Islam, hal tersebut menunjukkan bahwa beliau memiliki sifat
….
A. pandai bergaul C. humoris
B. berjiwa besar D. kreatif
20. Tokoh NU yang pertama kali memprakarsai
tradisi jurnalistik di kalangan Nahdlatul Ulama adalah ....
A. KH. Hasyim Asy’ari C. KH. Abdul Wahab Hasbullah
B. KH. Abdullah Ubait D. KH. Dahlan Abdul Kohar
21. Nahdlatul Ulama mengupayakan terlaksananya
ajaran Islam yang menganut paham Ahlussunnah wal jama’ah dengan melaksanakan
dakwah islamiyah dan amar ma’ruf nahi munkar merupakan salah satu usaha NU
untuk mewujudkan tujuan di bidang ….
A. agama C. sosial
B. pendidikan D. ekonomi
22. Perhatikan peta pada lambang NU di bawah Ini !
Pernyataan
yang paling sesuai dengan gambar di atas adalah ….
A. NU merupakan milik seluruh masyarakat
Indonesia
B. NU berdiri di
Indonesia dan berjuang untuk kejayaan NKRI
C. Keberadaan NU sangat
penting bagi bangsa Indonesia
D. NU didirikan oleh
orang Indonesia untuk dunia
23. Struktur organisasi NU yang berada ditingkat
kabupaten/kota adalah ….
A. PBNU C. PCNU
B. PWNU D. MWCNU
24. Berikut ini yang merupakan tugas pengurus tanfidziyah adalah ….
A. sebagai pembina dan pengendali organisasi NU
B. sebagai pengendali dan penentu kebijakan NU
C. memberikan nasihat kepada pengurus NU
D. melaksanakan program kerja organisasi NU
25. Struktur organisasi lembaga NU dari tingkat
tertinggi sampai tingkat paling bawah terdiri dari ….
A. PP, PW, PC, PR, PAC C. PW, PP, PAC, PC, PR
B. PP, PW, PC, PAC, PR D. PR, PAC, PC, PW, PP
26. Badan otonom NU yang melaksanakan kebijakan pada
pengembangan seni bela diri adalah ....
A. Pagar Nusa C. Pergunu
B. Sarbumusi D. GP Ansor
27. Salah satu lajnah NU adalah lajnah falakiyah
yang memiliki tugas untuk ....
A. mengembangkan pendidikan tinggi NU
B. mengembangkan penulisan dan penerjemahan
kitab/buku
C. mengurus masalah hisab dan rukyah, serta
pengembangan ilmu falak
D. melaksanakan kebijakan dibidang kesejahteraan
keluarga, sosial dan kependudukan
28. LAZISNU merupakan lembaga NU yang bertugas
untuk ....
A. menghimpun, mengelola dan mentasarufkan
zakat, infaq dan shadaqah
B. melaksanakan pengkajian dan pengembangan
sumber daya manusia NU
C. melaksanakan kebijakan NU di bidang
pengembangan seni dan budaya
D. mengurus, mengelola, serta mengembangkan
tanah dan bangunan, serta harta wakaf milik NU
29. Berikut ini yang termasuk permusyawaratan NU
ditingkat nasional yaitu ....
A. Musyawarah kerja wilayah C. Konferensi cabang
B. Musyawarah kerja cabang D. Muktamar
30. Salah satu sikap kemasyarakatan yang
ditunjukkan NU adalah tasamuh yang berarti ….
A. tegak lurus tidak condong C. toleran terhadap perbedaan
B. mengambil jalan tengah D.
seimbang dalam berkhidmah
31. IPNU didirikan pada tanggal 24 Februari 1954 M, bertepatan
dengan tanggal 20 Jumadil Akhir 1373 H, dalam penyelenggaraan kongres ma’arif
seluruh Indonesia di ....
A. Surabaya C. Demak
B. Semarang D. Malang
32. Berikut ini yang tidak termasuk tokoh
pendiri IPNU adalah ....
A. M. Sofyan Cholil C. Tholhah Ahmad
B. A. Ghoni Farida D. Tholhah Mansur
33. IPPNU didirikan pada tanggal .…
A.
2
Maret 1955 C. 4 Maret 1955
B.
3
Maret 1955 D. 5 Maret 1955
34.
Tujuan
didirikannya IPNU adalah untuk ....
A.
menyatukan
seluruh organisasi pemuda dibawah naungan NU
B.
menyatukan
seluruh organisasi masyarakat dibawah naungan NU
C.
menyatukan
kaum muslimin dibawah naungan NU
D.
menyatukan
organisasi pelajar dibawah naungan NU
35.
Perhatikan
organisasi pelajar berikut !
1.
PERSANOE 3.
PARPENO
2.
OSIS 4.
IMNU
Yang termasuk organisasi pelajar di bawah
naungan NU sebelum didirikannya IPNU, ditunjukkan pada nomor ....
A. 1, 2, dan
3 C. 1, 2, dan 4
B. 1, 3, dan 4 D. 2, 3, dan 4
36.
Berikut
ini yang bukan makna lambang IPNU yang berbentuk bulat adalah ....
A.
kontinuitas C. terus menerus
B.
istiqomah D. semangat
37.
Alquran
dan hadis pada lambang IPNU digambarkan dengan ….
A.
dua
kitab C. bintang
B.
dua
bulu bersilang D. tiga titik
38.
Perhatikan
lambang IPPNU berikut ini !
Titik diantara tulisan IPPNU pada lambang di atas
memiliki makna ....
A. Rukun Iman C. Walisongo
B. Rukun Islam D. Khulafaur rasyidin
39.
Sebagai
salah satu badan otonom NU, IPNU-IPPNU berfungsi sebagai .…
A.
wadah
berhimpunnya para pelajar NU
B.
wadah
berhimpunnya para pemuda NU
C.
wadah
berhimpunnya para jamaah NU
D.
tempat
menjalin silaturrahmi antar sesama anggota
40.
IPNU-IPPNU
menempatkan ilmu pengetahuan sebagai alat untuk mengembangkan kecerdasan bagi
kader dan anggota sehingga menjadi manusia yang utuh dan tidak menjadi beban
sosial dilingkungannya, wawasan IPNU-IPPNU yang sesuai dengan dengan cara
pandang tersebut adalah wawasan .…
A.
kebangsaan C. keilmuan
B.
keislaman D. keterpelajaran
41.
Struktur
kepemimpinan IPNU-IPPNU yang berkedudukan ditingkat Provinsi adalah
.…
A.
PP
IPNU/PP IPPNU C. PC IPNU/PC IPPNU
B.
PW
IPNU/PW IPPNU D. PAC IPNU/PAC IPPNU
42. Masa khidmah kepemimpinan IPNU dan IPPNU
ditingkat ranting adalah selama ....
A. 4 tahun C. 2 tahun
B. 3 tahun D. 1 tahun
43. Perhatikan tabel berikut !
No. |
Permusyawaratan |
Tingkatan |
1 |
Konferensi wilayah |
Pusat/nasional |
2 |
Konferensi cabang |
provinsi |
3 |
Rapat Anggota |
Ranting/komisariat |
4 |
Kongres |
kecamatan |
Pasangan
yang tepat ditunjukkan pada nomor ....
A. 1 C. 3
B. 2 D. 4
44. Untuk menetapkan jabatan serta mengevaluasi
dan merumuskan program kerja pada setiap tingkatan kepemimpinan IPNU-IPPNU
dilakukan melalui permusyawaratan, adapun permusyawaratan tertinggi dalam
IPNU-IPPNU disebut ....
A. konferensi anak cabang C.
rapat anggota
B. konferensi wilayah D. kongres
45. Untuk menjamin keberlangsungan organisasi,
IPNU-IPPNU melakukan pengkaderan sesuai dengan tingkat kekaderannya. Jenjang
pengkaderan IPNU-IPPNU bagi anggotanya yang baru adalah ....
A. Makesta C. Lakmad
B. Lakmud D. Lakut
II.
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.
Jelaskan
pengertian Ahlussunnah wal jama’ah menurut istilah !
2.
Sebutkan
4 pondok pesantren tempat KH. M. Hasyim Asy’ari menuntut ilmu !
3.
Jelaskan
tujuan didirikannya NU !
4.
Buatlah
bagan organisasi IPNU-IPPNU !
5.
Salah
satu organisasi pelajar yang ada di madrasah NU adalah IPNU-IPPNU, sebagai
pelajar kamu diberi kesempatan untuk aktif di organisasi tersebut. Menurut kamu
apa manfaat mengikuti organisasi IPNU-IPPNU !
Demikian sekedar contoh soal PAT mata pelajaran KeNUan MTs kelas 7 yang dengan gampang bisa dicopy dengan sangat gampang. Terima kasih sudah mampir di Suro Saniban. Semoga bermanfaat.
Post a Comment for "Soal PAT / UKK KeNUan Kelas 7 MTs Bisa Dicopy"